Mengenal Teknologi Ultrasonografi Untuk Pencitraan Organ Dalam

Teknologi Ultrasonografi adalah pemanfaatan gelombang suara dengan frekuensi tinggi untuk pencitraan organ dalam tubuh. Simak penjelasanya di sini.

Sebagian orang telah banyak mengenal teknologi yang satu ini. Ultrasonografi atau yang sering disingkat dengan USG ini telah lama ditemukan. Dengan memanfaatkan gelombang suara ultrasonik (frekuensi tinggi) kita dapat melihat bagian dalam tubuh manusia seperti organ liver, lambung, usus, pankreas, janin dalam kandungan dan lain sebagainya.

Teknologi Ultrasonografi


Bagaimana prinsip kerja alat USG ini ?

Ada beberapa bagian penting yang umumnya ditemukan pada sebuah unit alat USG ini. Monitor, CPU dan Probe Sensor.  Di dalam mesin USG atau CPU terdapat banyak sistem yang bekerja untuk menangkap pantulan gelombang suara yang dipancarkan melalui probe sensor kemudian divisualisasikan dalam bentuk gambar organ dalam tampilan dua dimensi.

Bahkan sekarang telah banyak teknologi ultrasonografi yang bisa menampilkan gambar dengan tampilan tiga hingga empat dimensi yang cukup jernih dan halus. Ini sebuah perkembangan teknologi yang cukup pesat dala dunia kedokteran.

Pemeriksaan organ dalam seperti liver, batu empedu, ginjal dapat dilakukan dengan mudah. Dan untungnya lagi, alat USG ini tidak mengandung unsur radio aktif sehingga sangat aman digunakan dalam kondisi apapun dan kapanpun.

Alat USG dikenal dengan istilah digital imaging dimana organ tubuh manusia dapat dilihat dan ditampilkan dengan model digital. Kemajuan teknologi memang telah berdampak terhadap banyak hal yang semakin mempermudah proses kehidupan manusia.

Pembaca Tekno Jos dimanapun anda berada. Kiranya demikian saja ulasan yang sangat singkat ini, semoga pembahasan mengenai Teknologi Ultrasonografi dapat bermanfaat dan menambah sedikit wawasan pengetahuan teknologi kita. Tetap ikuti terus arus perkembangan teknologi yang semakin maju dan semakin mutakhir. Sekian dan terimakasih.


0 komentar:

Posting Komentar